Total Tayangan Halaman

Selasa, 19 November 2013

RI Siap Jadi Pusat Ekonomi Syariah

BY Sopia Siregar

JAKARTA – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan, pemerintah telah menetapkan Gerakan Ekonomi Syariah (GRES) sebagai agenda nasional. Ke depan, dia berharap, Indonesia dapat menjadi pusat perekonomian syariah dunia.
Pemerintah telah melakukan empat langkah strategis dalam rangka menumbuhkembangkan ekonomi syariah di Indonesia. Pertama, menyediakan payung hukum yang dibutuhkan bagi pengembangan industri keuangan syariah.

Hal ini tercermin dalam Undang-Undang (UU) Nomor 19 Tahun 2008 tentang Sukuk Negara. Lalu, UU Nomor 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah dan UU Nomor 42 Tahun 2009 terkait perpajakan yang memberikan tax neutrality bagi transaksi keuangan syariah.

Kedua, sejak 2008, pemerintah melalui Kementerian Keuangan secara reguler menerbitkan sukuk. Ini dilakukan guna mendukung pendalaman pasar keuangan syariah.

Presiden mengatakan, pemerintah telah melibatkan perbankan syariah dalam berbagai program pembiayaan pemerintah seperti kredit usaha rakyat (KUR) dan juga menerbitkan Indonesia Syariah Stock Index.

"Tidak hanya itu, melalui Kementerian Agama, kita juga terus meningkatkan profesionalitas pengelolaan dana haji melalui instrumen pengelolaan syariah, dan terus mendorong pengelolaan zakat tunai secara lebih baik lagi," katanya.

Ketiga, dalam Festival Ekonomi Syariah 2008 dan World Economic Forum 2009, pemerintah telah mencanangkan pengembangan keuangan ekonomi syariah sebagai agenda nasional. Pemerintah juga menetapkan visi Indonesia sebagai pusat keuangan ekonomi syariah dunia.

Keempat, pemerintah juga aktif melakukan koordinasi dan komunikasi dengan para pemangku kepentingan. Baik dengan Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Badan Amil Zakat Nasional, Majelis Ulama Indonesia, dan organisasi lainnya untuk terus mendorong tumbuh dan berkembangnya ekonomi syariah di tanah air. (*)

sumber: http://www.indonesiafinancetoday.com/read/54284/RI-Siap-Jadi-Pusat-Ekonomi-Syariah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar